Tips Mahasiswa STMIK : Kuliah Oke, Organisasi Yes, Prestasi Mantap!

Dok: Hendri

Mahasiswa yang aktif di kampus, sering dijumpai mengeluh tentang cara membagi waktu antara kuliah, organisasi, dan meraih prestasi. Menurut Hendri Supriyanto, mahasiswa STMIK Komputama Majenang Program Studi Teknik Informatika, hal-hal tersebut dapat diatasi. Penulis dan Narasumber sempat melakukan beberapa tanya jawab dan juga Mahasiswa asal Cilacap ini terang-terangan berbagi tips saat diwawancarai, berikut hasilnya.

Selama ini, sudah berapa lama berorganisasi?

Saya berorganisasi sejak masih SD, baik di sekolah maupun masyarakat. Saat memasuki bangku perkuliahan dari awal saya sudah mengikuti organisasi dan organisasi yang saya ambil adalah Wana Cetta (Pecinta Alam). Tetapi, karena kondisi saat ini masih pandemi jadi harus mengikuti instruksi pemerintah untuk tidak sering berkumpul.

Dalam sebuah organisasi, apa yang menarik sehingga organisasi itu menjadi penting?

Yang menarik dalam organisasi adalah Visi dan Misi nya. Sebenarnya berorganisasi itu untuk apa sih?  “tentu saja manfaatnya” jawab Hendri dengan tegas  dan “sangat penting sekali setiap anggota dari sebuah organisasi harus saling menghargai dan menghormati sesama anggota nya” Hendri menambahkan. Hendri seolah ingin menyampaikan bahwa dalam Organisasi kita bisa mendapatkan pengalaman yang berharga yang tidak bisa ia dapatkan ketika dikelas seperti kepemimpinan, kemandirian dan berkomunikasi.

Bagaimana cara menyeimbangkan kuliah, organisasi, dan meraih prestasi?

“Saya meyakini bahwa pendidikan sangat utama, tetapi dengan berorganisasi saya juga bisa menyampaikan bakat dan minat kita saya, saya bisa menyalurkan apa yang saya bisa dan saya yakin sekali pada saatnya nanti kemampuan keorganisasian saya bisa menjadi bekal saya untuk terjun di masyarakat” tandasnya. Terkait dengan bagaimana cara menyeimbangkan antara kuliah, organisasi dan meraih prestasi itu kembali kepada diri pribadi masing-masing, dia menambahkan “biasanya orang yang sudah terbiasa berorganisasi, ia akan mampu membagi waktunya dengan baik karena sudah terbiasa disiplin”.

Apakah orang tua mendukung kuliah dengan berorganisasi?

Keluarga saya adalah keluarga yang kurang mampu, dari awal saya sangat sadar bahwa orang tua saya tidak memiliki biaya cukup untuk membayar biaya perkuliahan. Alhamdulillah, dengan ikhtiar mencari informasi beasiswa akhirnya saya bisa diterima di STMIK Komputama Majenang.

Sudah berapa banyak prestasi yang diraih?

Prestasi yang saya raih sebenarnya mulai saya raih semenjak di bangku sekolah, misalnya saya pernah mendapatkan juara 1 LCC tingkat provinsi dan lanjut mewakili Jawa Tengah di tingkat Nasional, selain itu saya juga pernah menyabet juara ter favorit LKBBP se Jateng Jabar open yang di selenggarakan SMK N 1 Karangpucung dan  menjadi juara 2 LKBBP se Jateng Jabar open yang di selenggarakan SMK N 1 WANAREJA. Terakhir adalah  juara 3 duta genre kecamatan Gandrungmangu dan alhamdulillah menjadi top 24 besar finalis duta genre kabupaten cilacap.

Pesan untuk teman-teman mahasiswa?

Pesan Saya untuk teman-teman, selama usia kita masih produktif, teruslah berkarya dan berprestasi. Melakukan perencanaan yang matang dalam kehidupan, agar nantinya menjadi manusia yang bernilai. Berkarya dan berprestasi dengan bakat masing-masing.  Jangan patah semangat dan teruslah menjadi pribadi yang lebih baik. “Innamal a’malu binniyati” semua tergantung niat kita maka dari itu, awali sesuatu dengan niat yang baik insyaAlloh akan ada jalan. (Catur. S) (22/06/21)